Sifat Hari Dalam Perhitungan Jawa

Sifat hari dalam perhitungan jawa, di tiap-tiap hari dalam perhitungan jawa memiliki sifat tertentu. Sifat hari biasanya digunakan oleh orang jawa untuk menentukan kegiatan apa-apa yang cocok dilakukan pada hari bersangkutan dan sifat hari juga berguna sebagai perhitungan yang berhubungan dengan penentuan hajat tertentu. Untuk lebih jelasnya tentang sifat hari dalam perhitungan jawa adalah sebagai berikut:

Sifat Hari Menurut Primbon
Hari Minggu
  • Memiliki sifat becik, samudana lan ela-alu atau bisa diartikan dalam bahasa indonesia memiliki sifat baik,mengingkari kata hati, dan mudah terbawa arus karena pendirian yang tidak tetap.
Hari Senin
  • Memiliki sifat semua barang patrape atau bisa diartikan sebagai sifat yang pantas atau luwes dalam tingkah laku.
Hari Selasa
  • Memiliki sifat sujana, tan andelan lan butarepan atau bisa diartikan sebagai memiliki sifat pencemburu dan sulit memepercayai orang lain.
Hari Rabu
  • Memiliki sifat sembada, sebarang patut dan rada sembrana atau bisa diartikan memiliki sifat penuh rasa tanggung jawab, luwes dan suka dengan banyolan.
Hari Kamis
  • Memiliki sifat ahli surasa, mada, ngalem, lan lumuh kungkulan atau bisa diartikan memiliki sifat ahli menafsirkan sesuatu, suka menghina, suka menyanjung, dan tidak suka apabila ada yang melebihi.
Hari Jum'at
  • Memiliki sifat semuci suci, lan kudu resik-resik atau bisa diartikan memiliki sifat suka berpura-pura menjadi orang yang suci, dan suka kebersihan dalam segala hal.
Hari Sabtu
  • Memiliki sifat srakah, barang karepe lan srumbung atau bisa diartikan memiliki sifat serakah dalam berbagai hal dan angkuh.
Demikianlah ulasan sifat hari dalam perhitungan jawa, semoga yang membaca ini bisa bijak dalam menyikapinya.