cara mencari hari weton

Wetonmu apa? Mungkin pertanyaan itu pernah terlontar kepadamu. Bagi sebagian orang, weton merupakan acuan untuk mengetahui, meramal, memperkirakan sifat seseorang mengenai jodoh, sifat, kecocokan, karir, asmara, rumah tangga dan sebagainya.

Boro-boro tau apa wetonnya, weton itu sendiri apa gak tau artinya. Dalam bahasa Jawa Weton berasal dari kata dasar Wetu yang bermakna keluar atau lahir yang kemudian mendapat akhiran–an sehingga membentuk kata benda. Weton adalah gabungan antara hari dan hari pasar saat bayi dilahirkan ke dunia. Kalender Juliana mengenal nama hari yaitu Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Juma’t, Sabtu dan Minggu sedangkan Kalender Jawa mengenal hari pasar yaitu Legi, Wage, Pon, Kliwon,  Pahing. Maka weton adalah gabungan keduanya yaitu : 1.  Jumat legi,  2.  Sabtu pahing, 3.  Minggu pon,  4.  Senin wage, 5.  Selasa Kliwon, 6.  Rabu Legi, 7.  Kamis pahing, 8.  Jumat pon, 9.  Sabtu wage, 10. Minggu kliwon, 11.  Senin legi, 12.  Selasa pahing , 13.  Rabu pon, 14.  Kamis wage, 15.  Jumat kliwon, 16.  Sabtu legi, 17.  Minggu pahing, 18.  Senin pon, 19. Selasa wage, 20. Rabu kliwon, 21. Kamis legi, 22. Jumat pahing; 23. Sabtu pon, 24. Minggu wage, 25. Senin kliwon, 26. Selasa legi, 27. Rabu pahing, 28. Kamis .pon, 29. Jumat wage , 30. Sabtu kliwon, 31. Minggu legi, 32. Senin pahing, 33. Selasa pon, 34. Rabu wage, 35. Kamis kliwon
Ada juga yang menyebutnya Wuku. Menurut idwikipdia, Wuku adalah sebutan untuk sebuah siklus waktu yang berlangsung selama 30 pekan. Satu pekan atau minggu terdiri dari tujuh hari sehingga satu siklus wuku terdiri dari 210 hari. Perhitungan wuku (bahasa Jawa: pawukon) terutama digunakan di Bali dan Jawa. Ide dasar perhitungan menurut wuku ini adalah bertemunya dua hari dalam sistem pancawara(pasaran) dan saptawara (pekan) menjadi satu. Sistem pancawara atau pasaran terdiri dari lima hari, sedangkan sistem saptawara terdiri dari tujuh hari. Dalam satu wuku, pertemuan antara hari pasaran dan hari pekan sudah pasti. Misalkan hari Sabtu-Pon terjadi dalam wuku Wugu. Menurut kepercayaan tradisional orang Bali dan Jawa, semua hari-hari ini memiliki makna khusus.
Nah sekarang bagaimana cara mengetahui Weton seseorang? Mudah, lihat saja di Cara Mencari Hari Lahir berdasarkan Kalender Juliana apakah hari lahirmu Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum'at, Sabtu atau Minggu. Lalu lanjutkan dengan Mencari Hari Pasar apakah Legi, Pahing, Pon, Wage, Kliwon. Dari keduanya bisa diketahui weton-mu apa. Udah nggak bingung lagi kan sekarang?